Sunday 9 July 2017

Kekurangan dan Kelebihan Menggunakan System Diskless Untuk Warnet Game Online dan Browsing



Diskless,,, Bagi anda yang terjun di bidang usaha warnet, Pasti sudah tidak asing lagi dengan Kata kata atau istilah Diskless, Ya Disklesss. Warnet ( Komputer ) Tanpa Hardisk.
Bukan bearti semua komputer yang di warnet tanpa hardisk, Untuk komputer server masih harus menggunakan hardisk / SSD.

Banyak para pengusaha warnet yang merubah system di warnetnya menjadi Diskless,
Ada yang beranggapan Lebih hemat biaya, lebih hemat waktu...
Memang tidak salah jika ada yang beranggapan seperti itu.

BACA JUGA : Pengertian System Diskless

Saya pribadi sudah merubah system di warnet saya menjadi disklesss.. lumayan hemat biaya pengeluaran untuk memebeli hardisk, Menghemat waktu.


Berikut Kelebihan dan Kekurangan menggunakan System Diskles,

Kelebihan Menggunakan System Diskless :
1. Lebih hemat dalam pengeluaran biaya,
Yang di maksud hemat biaya disini dimaksudkan untuk pengeluaran biaya dalam pembelian hardware ( Hardisk ), Bayangkan jika anda mempunya warnet dengan 100 komputer client, bearti anda harus mengeluarkan uang untuk membeli hardisk sebanyak 100 unit,
ini untuk anda yang menggunakan komputer rakitan, jika anda menggunakan komputer buildup, pasti di dalam komputer tersebut sudah terdapat hardisk ( anda tidak bisa memebeli komputer buildup tanpa hardisk, terkecuali komputer buildup second, dan itupun tergantung penjualnya, boleh atau tidak membeli komputer tanpa hardisk ), 
Dan jika komputer di warnet anda masih menggunakan hardisk, maka anda juga harus memepersiapkan anggaran jika suatu saat hardisk mengalami kerusakan, hal ini tidak terlalu terasa kelebihannya pada system diskless, karna untuk hardware pasti mengalami kerusakan, bukan hanya hardisk.

2. Lebih Hemat waktu,
Jika di warnet anda sudah menggunakan system diskless, maka yang paling terasa kelebihannya adalah hemat waktu ( Hemat untuk perawatan Software, jika hardware anda tetap harus ke komputer client ), Hemat waktu untuk update program, update game dll, karna semua itu bisa anda lakukan hanya melalui komputer server tanpa perlu melakukannya ke komputer client satu persatu,
coba anda banyangkan jika anda belum menggunakan system diskles, jika ada update game online, maka anda harus update game satu persatu ke komputer client, klo ada 100 komputer di warnet anda dan harus update game ke satu persatu komputer maka akan terasa cape dan banyak memakan waktu yang digunakan untuk melakukan hal itu. belum lagi program dan aplikasi lainnya selain game online,

Untuk system diskless segala permasalahan software dan aplikasi anda bisa mengerjakan hanya melalui komputer server, seperti update game yang dalam sehari bisa 2 atau 3 jenis game update bersamaan.

Kekurangan Menggunakan System Diskless,
1. Anda tidak bisa menyimpan hasil yang anda lakukan pada komputer client ( file, catatan dll ),
misalnya anda mendownload suatu program dan ingin menyimpannya pada komputer client tersebut dan menggunakan di esok hari program hasil download tersebut dan tidak menyimpannya pada drive eksternal, maka hasil download file tersebut akan hilang karna setelah komputer restar, maka semua akan kembali seperti semula, hasil download anda akan hilang,
Terkecuali anda mempunyai program atau cara khusus agar file hasil download tidak hilang walau komputer sudah di restar.

2. Jika komputer Server mengalami kerusakan ( error, mati dll ) maka komputer Client pun tidak bisa berfungsi, karna semua program ada di komputer server.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan program diskless untuk warnet,
jika anda mempunya tanggapan tersendiri untuk kelebihan dan kekurangan menggunakan system diskless, silahkan berbagi di kolom commentar yang sudah tersedia di bawah.

Bagi anda yang belum menggunakan system diskless di warnet, kelebihan dan kekurangan yang saya tulis diatas adalah menurut pengalaman saya dalam menggunakan system diskless di warnet, dan menurut sebagian pemilik warnet yang saya kenal. mungkin dapat bermanfaat sebagai bahan pertimbangan anda memilih system terbaik untuk usaha warnet yang anda kelola.


1 comment: